Langkah berikutnya pada Bab membuat system trading sendiri adalah Langkah yang paling ditunggu oleh para trader. Yaitu menentukan kapan waktu untuk kita masuk pasar/open posisi, baik Buy atau Sell. Umumnya para trader menggunakan metode berdasar Analisis Teknikal. Anda bisa membaca referensi Label Analisis teknikal di web ini sebagai referensi.

Berdasar  Indikator.
Indikator analisis teknikal bisa memberi bantuan kita untuk membuka posisi jual atau beli. Pada prinsipnya anda bisa menggunakan indicator mana saja yang cocok dengan tipikal anda.

Pada prinsipnya indicator dibagi menjadi 2, yaitu Leading dan Laggard. Umumnya semua indicator bersifat Ossillator yang ,merupakan Leading indicator. Contoh indicator Leading antara lain RSI,CCI,Stochastic dan tipe macam lainnya. Sedangkan inidkator yang bersifat mengukur trend (Lagging indicator) misalnya Bollinger brands, Parabolic SAR, Moving Avarage dan masih banyak lagi.
 Perbedaan tipe kedua indicator ini terletak pada kecepatan membaca harga dan memberi sinyal order. Indikator Leading jauh lebih cepat memberikan sinyal dari pada indicator Laggard, namun kelemahannya bisa memberikan sinyal palsu. Indikator tipe Leading sering digunakan oleh trader bertipe cepat seperti Scallper.

Berikut ini adalah contoh membuka posisi menggunakanmenggunakan Bolinger Bands



Terlihat sekali point-point yang saya lingkari tersebut. Ini adalah Materi yang sering ditunggu dan dicari oleh trader-trader, ya Membuka posisi. Namun ini juga yang sangat sulit di lakukan, yaitu menunggu waktu yang tepat atau mematuhi aturan system Entry posisi. Kebanyakan trader sangat tidak sabar untuk membuka posisi. Dan mereka mencari segala Indikator bahkan membelinya dan yang berwarna-warni seperti pelangi. Padahal trader professional saja tahu, hanya menggunakan Bolilnger bands saja kita bisa membuat profit yang konsisten. Namun itu juga, banyak trader yang kurang sabar untuk menuggu momen yang tepat.

Nah pada materi ini juga seperti halnya menentukan Exit posisi.
Sedikit nasehat, ikuti apa yang indicator katakan, bukan mengikuti felling anda dan terbawa nafsu. Oke, semoga bermanfaat bagi anda